Otomotif

Mengenal Radar Cruise Control Yang Akan Disematkan Pada KTM Duke 390 Generasi Baru

Mengenal Radar Cruise Control Yang Akan Disematkan Pada KTM Duke 390 Generasi Baru

Mengenal Radar Cruise Control Yang Akan Disematkan Pada KTM Duke 390 Generasi Baru

Perkembangan teknologi sepeda motor kian maju. Tak hanya soal desain, mesin, terhitung soal fitur dan teknologi yang disematkan. Peranti-peranti canggih kini tak lagi jadi punya kendaraan mewah. Motor terhitung terasa mendapat fitur terkini untuk menopang keamanan dan kenyamanan. Seperti yang dilaksanakan KTM, di dalam rilisan paten baru mereka menanamkan radar untuk cruise control. Menariknya perihal ini dipasang ke motor segmen pemula.

Dari uraian yang beredar, sosok itu dianggap Duke 390. Yang pasti padanan blok mesin merupakan silinder tunggal. Serta memakai tangki dan lampu seperti naked sport medium jagoan group oranye. Rangka teralis sampai subframe pun begitu. Tampak sama dengan Duke, meski mampu saja merupakan spesies baru nantinya. Sebab, KTM tengah di dalam pengembangan terhitung untuk melahirkan sosok Supermoto di dalam rentang mesin 125-390 cc.

KTM tak hanya merilis satu gabungan peletakkan radar. Pertama merupakan wujud lampu utama sama Duke 1290, dengan wujud sensor vertikal di tengah-tengah headlight. Sementara yang kedua, di letakkan pada dahi batok lampu Duke 390. Bukan vertikal, tepiannya terlampau persegi dan berdimensi lebih besar. Sementara ketiga, dipasang pada separator lampu bulat. Di mana perihal ini sedikit memberi teka-teki bahwa Husqvarna – merek segrupnya – turut kebagian radar untuk kelas entry level.

Dalam sketsa paten dijelaskan pula radar dibikin oleh Bosch. Kita tahu, sudah banyak dan terbukti bekerja baik di merek lain. Semisal Ducati Multistrada V4, BMW R1250RT, mereka berdua sudah menerapkan sistem sama. Dan disuplai berasal dari perusahaan sama. Menjadi cara menarik saat KTM tak hanya berencana memasukkan ke 1290, melainkan kelas bawahnya turut kebagian.

Manfaat berasal dari radar cruise control pasti tak hanya soal kenyamanan pas touring. Adanya sensor pembaca gerak ke kendaraan depan, membuatnya mampu menyesuaikan kecepatan. Atau biasa disebut adaptif. Alhasil tak harus lagi repot menyeting cruise control saat perjalanan dinamis. Pengendara tinggal turut kendaraan di depan pas perjalanan jauh. Praktis.

Atas itu pula, terkecuali benar ditanamkan ke Duke 390, dapat jadi naked sport paling canggih dengan harga ekonomis di pasaran. Ya, nilai jualnya boleh dibilang tak seberapa dibandingkan motor sekelas. Apalagi bawaannya pun sudah memukau.

Seperti layar TFT berwarna, sudah tersedia sejak generasi lama. Isinya super lengkap dan informatif. Malah data-data tambahan sampai hiburan hadir. Karena layar mampu terkoneksi Bluetooth ke gawai. ABS, dan juga perangkat pengaman lain pun lebih berasal dari cukup. Ditambah karakteristik suspensi buatan WP yang dikenal mumpuni jadi paket di dalam segala lini KTM.

Fitur Sensor Canggih
Dari sketsa paten dan pengumuman soal radar ini, bukan tidak bisa saja KTM 390 Adventure – sang bintang tahun 2020 – turut kebagian fitur berkaitan di generasi berikutnya. Pasalnya secara konsep apalagi ia lebih berhak mendapat radar. Lantaran dipakai berpetualang yang notabene pasti jalur jauh.

Kalau benar begitu, entah apa lagi yang harus dilaksanakan kompetitor. Dalam kondisi standar saja, 390 Adventure mampu menarik perhatian atas segala yang dimiliki. Dari aspek harga jual kompetitif, hanya Rp 119 juta OTR Jakarta sebab sudah rakitan lokal. Performa, handling dan Fitur? Lebih lagi.

Mesin satu piston 373,2 cc DOHC empat katup memiliki ekstraksi daya besar. Kompresi pun dipadatkan sampai 12,6:1, mencatat tenaga maksimal 43 Hp di 9.000 rpm dan juga torsi 37 Nm memuncak pada 7.500 rpm. Dipadukan girboks enam percepatan dengan sistem assist dan slipper clutch. Berfungsi meringankan feedback tuas kopling, sekaligus melindungi risiko ban mengunci pas downshift agak keras. Menariknya lagi, pas membawa motor ke medan berat tak harus pusing dengan momentum tarik kopling. Karena sudah tersedia quick shifter yang mampu berfungsi untuk naik dan turun gigi.

Bagian menarik lain tersedia di daerah suspensi. Pabrikan Austria tak pelit memasang komponen peredam kejut papan atas. Fork upside down WP Apex 43 mm menopang anggota depan. Sekaligus dilengkapi empat tingkat pengaturan: Comfort, Standard, Sport, dan juga Full Payload. Mengubahnya tinggal memutar kuncian di atas shock. Spesifikasi yang nyaris sama dengan punya kakaknya, 790 Adventure. Jarak mainnya sendiri capai 170 mm, dengan kata lain menopang untuk keperluan lintas alam.

Peredam belakang mengenakan monoshock bermerek sama. Jarak mainnya lebih panjang lagi, menyentuh 177 mm. Dan disertai pula pengaturan preload, damping, dan juga rebound yang mampu diatur secara manual. KTM meracik semua komponen bodi dengan material ringan. Sehingga bobotnya hanya 158 kg. Harusnya handling begitu presisi.

Ia sudah menerapkan sistem ride-by-wire. Mekanisme buka tutup katup gas elektronik ini pasti memberi pengaruh pada suplai bahan bakar presisi, cocok kebutuhan. Momentumnya pun seharusnya lebih akurat ketimbang tipe konvensional. KTM 390 Adventure pula memiliki sebagian seting penjaga traksi, sekaligus mampu dimatikan. Sehingga terkecuali terasa belum professional menjinakkan tenaga sebesar itu, gejala spinning terminimalisir dengan baik.

Layar instrumennya pun komplet. Dapat dikoneksikan ke gawai melalui Bluetooth, alhasil rider tak harus repot berhenti untuk laksanakan panggilan telepon. Semua mampu terintegrasi. Sistem hiburan, untuk mendengarkan music pun disediakan. Lengkap dengan tambahan navigasi turn-to-turn.

Anda dapat beroleh Info yang lengkap soal kondisi motor. Dari terasa dua trip meter, pas perjalanan, tanggal, penghitung jarak berasal dari sisa bensin, sampai penghitung mengonsumsi bahan bakar tercatat. Terus dikalkulasi seiring Anda laksanakan perjalanan.

Menu di home screen mampu terhitung diset cocok keinginan. Tinggal pilih, information apa yang dikehendaki. Menyoal keterangan fundamental rasanya tak harus dibahas lagi. Sensor-sensor mutlak tertulis semua di layar digital. Terakhir, sistem pencahayaan 390 tak lagi diisi bohlam. Melainkan sudah full LED.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *