Otomotif

Review Spesifikasi Lengkap dan Harga Toyota Vios Generasi Pertama

Review Spesifikasi Lengkap dan Harga Toyota Vios Generasi Pertama – Toyota Vios pertama kali diperkenalkan di Indonesia terhadap 2003 lalu. Mobil ini mengisi lini mobil Toyota yang mengambil alih Toyota Tercel dan Soluna. Sejak diperkenalkan untuk pertama kalinya, Vios generasi pertama menjadi pemain kuat di segmen mobil sedan medium.

Dibandingkan bersama dengan Toyota Soluna, Vios generasi pertama diklaim mempunyai performa mesin yang lebih baik, serta mengkonsumsi bahan bakar lebih irit.

Dengan demikian, lumrah kalau Vios pertama ini mengusung slogan ‘speed maker and fuel saver’.

Selain itu, mobil selanjutnya terhitung dinilai lebih cepat dibandingkan Vios generasi ke-2 dan ketiga sebab mengandalkan kabel gas yang punya bobot lebih ringan.

Sebagai informasi, nama Vios berasal berasal dari bahasa latin ‘vio’ yang punya makna melangkah ke depan. Nama selanjutnya sesuai bersama dengan keistimewaan yang dimiliki Vios pertama ini.

Namun, tiap-tiap mobil pastinya punya kelemahan, terhitung Vios generasi pertama yang punya lebih dari satu kekurangan dan kerap dikeluhkan penggunanya.

Beberapa kekurangannya layaknya ruang kabin mobil yang tidak terlampau luas, lebih-lebih lebih sempit dibandingkan Vios generasi kedua.

Selain itu, Vios pertama terasa limbung kala dibawa bermanuver, serta spidometernya yang di letakkan di bagian tengah dasbor terasa aneh bagi pengemudi baru.

Spidometer selanjutnya baru dipindahkan ke posisi pengemudi terhadap Vios generasi ketiga. Carmudi rangkum spesifikasi lengkap dan harga Toyota Vios generasi pertama sebagai berikut.
Spesifikasi Toyota Vios Generasi Pertama

Mesin

Toyota Vios generasi pertama udah dibenamkan mesin tipe 1NZ-FE berkapasitas 1.5L, 4 silinder, DOHC 16 katup. Mesin selanjutnya sanggup mengeluarkan tenaga sebesar 106,5 hp terhadap putaran mesin 6.000 rpm dan torsi maksimal 142 Nm terhadap putaran 4.200 rpm.

Sempat disinggung sebelumnya, bahwa tenaga mesin Vios pertama ini punya mengkonsumsi bahan bakar yang hemat sebab udah mengandalkan sistem bahan bakar Electronic Fuel Injection (EFI).

Di sisi lain, mobil selanjutnya menawarkan dua pilihan transmisi, yakni transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.

Untuk suspensinya sendiri, Toyota Vios generasi pertama manfaatkan MacPherson Strut with Stabilizer terhadap bagian depan dan Rigid Axle ETA Beam with Stabilizer di bagian belakang.

Eksterior

Jika memandang penampilan luarnya, Toyota Vios generasi pertama didesain bersama dengan model minimalis tanpa disematkan banyak aksen.

Dari faktor dimensi, mobil ini punya ukuran panjang 4.285 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.450 mm, sehingga Vios generasi pertama mempunyai dimensi yang kompak dan sesuai dibawa berkendara di jalur perkotaan.

Tidak cuma itu, mobil ini terhitung punya ground clearance atau jarak paling rendah ke tanah yang dinilai bersahabat bersama dengan jalur perkotaan, yakni setinggi 143 mm

Pada bagian eksterior, tampilannya muncul lebih fresh dan menarik kalau dibandingkan bersama dengan pendahulunya, Toyota Soluna.

Di bagian depan, terdapat gril berdesain sederhana, tapi tetap muncul menarik sehingga menjadi kekuatan tarik sendiri bagi Vios generasi pertama.

Di sisi lain, terdapat lampu depan yang didesain modern meski lampu selanjutnya tetap mengandalkan teknologi halogen.

Tidak ketinggalan, ikut disematkan bumper bawah yang udah ditambah fog lamp (lampu kabut) berdesain kuno. Namun, lampu ini sanggup mengimbuhkan pencahayaan secara maksimal kala mobil dibawa berkendara di malam hari atau cuaca berkabut sekali pun.

Di bagian samping, sama layaknya bagian depan mobil ini, muncul simple tanpa adanya banyak guratan yang tajam.

Perlu diketahui, Toyota Vios generasi pertama sebenarnya menawarkan desain eksterior yang minimalis. Bagian samping cuma disematkan side moulding sewarna bodi mobil.

Disematkan terhitung aksen aksen krom di gagang pintu yang perlihatkan kesan premium. Terdapat aksen di bagian buritan, di mana lampu rem mobil ini berwarna merah serta lampu belakang dibuat bening.

Pada bagian belakang pun terkesan simple bersama dengan adanya ducktail yang tipis. Selain itu, terdapat terhitung emblem Vios di bagian kanan, serta logo tipe terhadap bagian kiri dan sedikit aksen krom di gagang pintu bagasi mobil.

Tidak ketinggalan, bumper belakang Vios generasi pertama terkesan polos tanpa adanya aksen dan tersedia sedikit lekukan di bagian atas knalpot mobil ini.

Interior

Desain interior Toyota Vios generasi pertama tidak jauh berlainan bersama dengan desain tipe Toyota keluaran lama di tahun 2000-an, di mana manfaatkan bahan plastik yang keras terhadap ruang kabinnya.

Selain itu, tidak tersedia fitur kenyamanan yang disematkan tidak cuman Air Conditioning (AC). Namun, mobil ini punya ruang kabin cukup kedap.

Sama layaknya ruang kabin, dasbor Vios generasi pertama terhitung manfaatkan bahan plastik yang keras dan desainnya muncul simpel.

Dasbornya pun belum disematkan lebih dari satu fitur canggih layaknya layar sentuh atau pengaturan digital. Tampilan spidometernya yang udah digital cuma tersedia terhadap Vios pertama tipe G.

Uniknya, spidometer mobil ini di letakkan pas di bagian tengah dasbor yang membawa dampak desain dasbornya muncul simetris. Hal ini tetap dipertahankan terhadap Vios generasi ke-2 yang meluncur sejak 2008.

Mirip bersama dengan dasbor tersebut, setir kemudi Vios pertama bersama dengan palang tiga terkesan polos dan belum dibalut bahan kulit memiliki kualitas yang nyaman digenggam, serta belum disematkan tombol-tombol multifungsi.

Namun, setir kemudinya udah disematkan aksen perak terhadap logo yang disematkan di tengah setirnya sehingga terkesan premium.

Di sisi lain, belum disematkan pengaturan kursi elektrik serta fitur memori. Jok kursi Vios generasi pertama sebenarnya tetap standar tanpa disematkan fitur apa pun, tapi joknya udah dibalut bersama dengan bahan kain yang dinilai cukup nyaman kala diduduki.

Tidak cuma itu, ruang kepala dan ruang kaki mobil ini di bagian belakang cukup luas sebab dimensi Vios pertama yang kompak. Dengan demikian, mobil selanjutnya sanggup mengimbuhkan kenyamanan bagi penumpang yang duduk di belakang sepanjang perjalanan.

Untuk kapasitas bagasi Toyota Vios generasi pertama, tetap standar. Namun, pengguna sanggup menyimpan tas yang berukuran besar di ruang bagasi mobil ini.
Fitur

Toyota Vios generasi pertama diperuntukan untuk costumer kelas menengah, sehingga bagian fitur mobil ini bukan menjadi kekuatan tariknya.

Di ruang kabin, lebih dari satu tombol pengaturan tetap mengandalkan sistem analog dan konvensional. Namun, Vios generasi pertama udah memperoleh lebih dari satu fitur standar yang cukup lengkap.

Untuk fitur kenyamanan, terdapat head unit 2DIN yang belum touch screen untuk menyetel musik kesukaan berasal dari CD, DVD, ataupun radio AM/FM.

Selain itu, dasbor mobil ini udah disematkan pengaturan AC analog. Khusus tipe G, punya spidometer digital. Tidak ketinggalan, terdapat fitur lainnya layaknya tachometer dan power window.

Selain fitur kenyamanan, Vios pertama ikut disematkan fitur keselamatan yang terbilang minim. Bahkan, mobil selanjutnya belum disematkan fitur airbag, di mana fitur keselamatan ini perlu disematkan terhadap tiap-tiap mobil kala ini.

Namun, Toyota Vios generasi pertama udah ditambah bersama dengan sistem pengereman mumpuni berwujud Anti-lock Braking System yang sanggup mendukung mobil ini melalui jalanan licin.

Harga Toyota Vios Generasi Pertama

Toyota Vios generasi pertama punya harga yang pastinya terjangkau kala ini. Berdasarkan website jual mobil bekas Carmudi Indonesia, Toyota Vios generasi pertama yang tersedia sejak 2003 hingga 2007 dijual seharga berkisar Rp45 hingga Rp60 jutaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *