Otomotif

Review Spesifikasi Lengkap dan Harga Yamaha WR155 R 2020

Review Spesifikasi Lengkap dan Harga Yamaha WR155 R 2020 – Yamaha Indonesia udah meluncurkan motor trail di segmen 155 cc, yakni WR155 R. Motor ini dinilai menjadi pesaing kuat Kawasaki KLX 150 dan Honda CRF 150L.

Mungkin banyak yang penasaran, berapa harga Yamaha WR155 R?

Mengusung tagline “The Real Adventure Partner”, Yamaha WR155 R mempunyai desain yang tangguh sebagai motor trail, performa mumpuni, serta bermacam fitur canggih.

Tidak ketinggalan, motor ini juga udah mengandalkan frame atau sasis Semi Double Cradle Frame. Sasis tersebut disematkan bersama dengan mengatur mounting engine atau dudukan 155 cc VVA.

Banyak yang menilai bahwa Yamaha WR155 R ini mirip layaknya Vixion R versi motor trail. Mesin yang dibenamkan terhadap ke-2 motor ini memang sama, yakni mesin berkapasitas 155 cc VVA.

Yamaha WR155 R ini pun melengkapi lini motor di segmen ‘garuk tanah’, di mana sebelumnya Yamaha udah meluncurkan WR 250R terhadap 2015 lalu.

Carmudi udah rangkum spesifikasi lengkap serta harga WR155 R sebagai berikut.
Spesifikasi Yamaha WR155 R 2020

Desain

Seperti yang udah dijelaskan sebelumnya, Yamaha WR155 R mengusung tagline “The Real Adventure Partner”, motor ini didesain untuk dapat dibawa berkendara di medan jalur terjal.

Beberapa th. yang lalu, pihak Yamaha udah meluncurkan Yamaha WR 250 R, di mana rencana ini juga digunakan terhadap WR 155 R, namun bodinya dibikin lebih ramping.

Dari faktor dimensi, Yamaha WR155 R mempunyai ukuran panjang 2.145 mm, lebar 840 mm, dan tinggi 1.200 mm, serta jarak sumbu roda 1.430 mm.

Selain itu, motor ini mempunyai berat sebesar 134 kg dan kapasitas bahan bakar 8,1 liter. Kapasitas bahan bakar tersebut juga besar jika memandang bodi WR155 R yang ramping.

WR155 R ini mempunyai kekurangan terhadap bagian depannya, yakni lampunya yang belum menggunakan LED, masih halogen. Namun, hal tersebut tidak menjadi kasus besar.

Di segi lain, motor tersebut dibekali bersama dengan fender di bagian depan yang mempunyai jarak agak jauh bersama dengan ban depan, agar terkesan gagah dan maskulin.

Pada bagian setang kemudi, WR155 R udah disempurnakan bersama dengan spidometer LCD yang beri tambahan bermacam informasi perlu bagi pengemudi, layaknya kebanyakan konsumsi bahan bakar, indikator transmisi, trip meter, odometer, dan lainnya.

Di bagian belakang, terdapat tangki bensin yang mempunyai ketinggian lebih tinggi dari daerah duduk penumpang dan menghubungkan setang kemudi bersama dengan jok secara langsung.

Menariknya, tangki bensin motor tersebut mempunyai postingan “WR” yang mempunyai perpaduan warna mencolok. Perlu diketahui, jok WR155 R ini hanya mempunyai kapasitas 1 kursi bersama dengan daerah duduk setinggi 880 mm.

Selain itu, joknya menggunakan desain bergaya YZ tipe rata untuk membantu mobilitas pengemudi selagi berkendara. Di segi lain, muncul ada perpaduan fender dan lampu sein yang beri tambahan kesan gagah terhadap penampilan WR155 R.

Tidak ketinggalan, disematkan knalpot bersama dengan desain yang muncul berlainan bersama dengan knalpot motor lain terhadap umumnya. Knalpot motor tersebut dipasang secara vertikal.

Secara keseluruhan, Yamaha WR155 R mempunyai desain tangguh dan gagah sebagai motor trail di Indonesia bersama dengan mengusung desain yang anti mainstream dengan kata lain unik dibandingkan motor-motor trail lainnya.
Mesin

Sebagai motor trail, tentunya mesin yang dibenamkan terhadap Yamaha WR155 R ini andal dan mumpuni untuk dibawa berkendara di medan jalur off road.

Motor tersebut udah dibekali bersama dengan mesin tipe Liquid cooled, 4 langkah, berteknologi VVA yang mempunyai kapasitas sebesar 155 cc. WR155 R mempunyai rasio kompresi 11,6:1 bersama dengan diameter x langkah; 58,0 x 58,7 mm, tetapi kuantitas silindernya satu atau tunggal.

Mesin motor tersebut dapat mengeluarkan tenaga sebesar 16,4 hp terhadap putaran mesin 10.000 rpm dan torsi maksimal 14,3 nm terhadap putaran 6.500 rpm

Untuk transmisinya sendiri, WR155 R menggunakan transmisi manual 6 percepatan.

Jika dibandingkan bersama dengan Vixion R ataupun R15, mesin WR155 R mempunyai tenaga yang sedikit lebih kecil, di mana Vixion R dan R15 mempunyai tenaga mesin sebesar 16,7 hp.

Selain itu, torsi yang dimiliki keduanya adalah 14,3 nm terhadap putaran 6.500 rpm, mirip layaknya torsi WR155 R.

Namun dari faktor teknologi, WR155 R dinilai lebih canggih dibandingkan dua pesaingnya tersebut. Sebagai informasi, Yamaha WR155 R merupakan satu-satunya motor trail yang udah mengandalkan radiator di Indonesia dan menjadi keunggulan bagi motor tersebut.

Di segi lain, WR155 R mengandalkan bahan bakar bensin bersama dengan sistem bahan bakar fuel injection yang dinilai dapat membawa dampak konsumsi BBMnya menjadi lebih hemat dan efisien. Untuk starternya, motor ini menggunakan starter elektrik.

Rangka dan Kaki-Kaki

Untuk membantu kemampuan berkendaranya di medan off road, Yamaha WR155 R ini udah dibekali bersama dengan rangka tipe Semi Double Cradle.

Di segi lain, terhadap bagian suspensinya, udah dibekali suspensi tipe Telescopic 41 mm terhadap bagian depan dan Link Type Monocross di bagian belakang.

Dengan ada ke-2 suspensi tersebut, diklaim dapat membawa dampak WR155 R dapat dibawa berkendara di medan jalur yang terjal bersama dengan nyaman dan aman.

Tidak hanya itu, untuk membawa dampak motor ini semakin safe selagi dibawa berkendara, pihak Yamaha udah menyematkan sistem pengereman yang andal dan mumpuni terhadap motor buatannya ini.

Untuk rem di bagian depan, disematkan rem 240 mm Wave Disc, serta 220 mm Wave Disc terhadap bagian belakang. Beralih terhadap bagian ban,WR155 R udah dibekali ban depan berukuran 2,75-21 45P dan ban belakang 4,10-18 59P.
Fitur

Yamaha WR155 R memang mempunyai keunggulan terhadap bagian fitur yang dimiliknya. Motor ini udah dibekali bersama dengan bermacam fitur canggih, keliru satunya yakni lampu hazard sebagai lampu emergency untuk memberitahu kendaraan lainnya jika mesti berhenti dikarenakan keadaan darurat.

Menariknya, WR155 R mempunyai saklar hazard, di mana posisinya terletak di sebelah kiri dan berdampingan bersama dengan saklar pass beam, klakson, serta sein.

Jika memandang spidometer motor ini, desainnya terkesan modern. Spidometernya udah menggunakan LCD yang dapat beri tambahan bermacam informasi perlu layaknya putaran mesin, takometer, dan lainnya.

Terdapat fitur-fitur canggih lainnya, antara lain fitur Dimmer Switch dan Engine Check Warning untuk memberitahu pengguna jika tersedia rusaknya di sistem injeksi motornya.

Secara keseluruhan, Yamaha WR155 R udah disematkan bermacam fitur yang canggih agar pengguna motor tersebut dapat berkendara bersama dengan nyaman dan safe selagi lewat medan off road.

Harga Yamaha WR155 R 2020

Bagi yang tertarik untuk membeli Yamaha WR155 R, mesti mempersiapkan budget yang tidak sedikit. Motor ini di tawarkan di dalam satu tipe di Indonesia seharga Rp36,9 juta On The Road (OTR) Jakarta.

Jika dibandingkan bersama dengan pesaingnya, Honda CRF150L, WR155 R mempunyai harga jual lebih tinggi. Sebagai informasi, CRF150L seharga Rp34,45 juta OTR Jakarta.

Namun, jika memandang spesifikasinya di atas, Yamaha WR155 R dinilai lumrah mempunyai harga yang tinggi di kelasnya. Tenaga mesin dan fitur-fiturnya mumpuni untuk dibawa berkendara di medan off road sebagai motor trail.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *